Fiqih

Rabu, 05 Desember 2012

Contoh Soal Tafsir



1.      Tafsir adalah Ilmu yang membahas tentang Al-Quranul-Kariem dari segi pengertiannya terhadap maksud Allah sesuai dengan kemampuan manusia. Ini meupakan definisi tafsir menurut …. 
    1. as- Shabuni
    2. as-Suyuti                                                
    3. az-Zarkasy
    4. al Mawardi                                                              
    5. Mana'ul Qaththan
  1. Penjelasan suatu lafadz atau kalimat dengan bahasa lain tanpa memperhatikan susunan dan uslub bahasa asli yang diterjemahkan disebut tarjamah ….
    1. harfiyah                                                                                                   d. tafsiriyah
    2. lafdziyah                                                                                                  e. takwiliyah
    3. hurriyah
  2. Secara etimologi, ta’wil bersal dari kata “aul” yang ber arti…
    1. Berjalan
    2. Kembali
    3. Berfikir dan berenung
    4. Berhayal
    5. Pergi
4.      Memalingkan lafadz dari maknanya yang rajih kepada maknanya yang marjuh karena adanya indikasi untuk itu , mrupakan definisi.
a.        ta'wil
b.        takwil menurut ulama' ushul    
c.        ta'wil murut ulama salaf
d.         ta'wil menurut ulama kholaf
e.        ta'wil menurut mutakallimin
5.      Tafsir dan takwil memiliki pengertian yang sama. Hal ini pendapat ….
a.        Jumhur ulama
b.        ulama salaf
c.        ulama kholaf
d.       mutakallilim
e.        ulama ushul
  1. Berikut ini merupakan contoh tafsir maudu.i kecuali
a.        At tibyan fi aqsami al- Qur’an ( imam ibnu Qoyyim Al jauzi )
b.        Majaz al- Qur’an ( Abi Ubaidah dan Musthofa Shodiq al rofi’i )
c.        Ahkam al-Qur’an  ( lilJasos )
d.        Nasih wa al-Mansuh ( Abi Ja’far an Nahas
e.        tafsir al-Qur’an al-Adzin ( Ibnu katsir )
  1. Penafisiran al-Qur'an dengan al-Qur'an sendiri atau dengan penjelasan dari Nabi atau sahabat atau tabi'in disebut tafsir ….
a.        bi al-ma'tsur
b.        bi al- dirayah                                                          
c.        bi al-ro'yi
d.        bi al aqly
e.        bi al- mantuq
  1. Firman Allah :  الذين امنوا ولم يلبسواايمانهم بظلم اولئك لهم الامن وهم مهتدون 
Rasulullah menafsirkan lafadz  "   "  الظلمpada ayat di atas dengan  " الشرك " Hal ini merupakan contoh dari tafsir….                              
a.        bi diroyah
b.        Bir ro'yi
c.        Bil ma'tsur                                                             
d.       bil qoul
e.        Bi isyari
  1. Yang tidak termasuk tafsir bir ro'yi berikut ini adalah ….
a.        Mafatihul Ghaib, oleh: Fakhruddin Ar Razi 
b.        Anwarut Tanzil wa Asrarut Ta’wil, oleh Al Baidhawi 
c.        Madarikut Tanzil wa Haqa’iqut Ta’wil, oleh: An Nasafi 
d.        Fi Dzilal al-Qur'an oleh Sayyid Qutub
e.        Tafsi Jalalain oleh Jalaluddin as-Suyuthi dan Jalaluddin al-Mahally
  1. Seorang mufassir menafsirkan ma’ani qur’an sesuai dengan tema tertentu merupakan…
    1. Tafsir maudu’i
    2. Tafsir tahlili
    3. Tafsir muqorin
    4. Tafsir lafdzi
    5. Tafsir ‘ilmi
  2. Di dalam al-Qur’an terdapat banyak dhamir/kata ganti, yang pada dasarnya penempatan dlamir tersebut dimaksudkan  untuk……
a.       memudahkan pemahaman terhadap ayat  al-Qur’an
b.      meringkas lafadz-lafadz, tanpa perlu menyebutkan semuanya dan mengulang
c.       memperindah susunan al-Qur’an
d.      membedakan antara al-Qur’an dan yang lain
e.       memudahlan hafalan
  1. Pada ayat berikut. ( مِنْ أَيِّ شَيْئٍ خَلَقَهُ – عبس : 18)
Penulisan lafadz dalam bentuk nakiroh pada ayat al-Qur’an memiliki tujuan tertentu seperti ayat 18 surat ‘abasa diatas kata yang bergaris bawah menunjukan arti 
a.        hanya sesuatu
b.        semua jenis sesuatu
c.        sesuatu yang agung
d.        sesuatu yang banyak
e.        sesuatu yang hina
  1.  وَلَتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ النَّاسِ عَلَى حَيَاةٍ – البقرة :96) Pada ayat ini terdapat contoh penggunaan kata dalam bentuk nakiroh yang berfungsi untuk .....
    1. lit tahqir
    2.  li irodail wahdah
    3. li irodatin nau'
    4. lit ta'dzime.
    5. lit taktsir
  2. Salah satu contoh fungsi ta'rif dengan isim isyarah  untuk menghinakan adalah ….
    1. هَذَا خَلْقُ اللَّهِ فَأَرُونِي مَاذَا خَلَقَ الَّذِينَ مِنْ دُونِه
    2. تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبّ
    3. وَالَّذِي قَالَ لِوَالِدَيْهِ أُفٍّ لَكُمَا
    4. ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ
    5. وَمَا هَذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ
  3. Penjelasan al-Qur'an berdasarkan ijtihad atau pemikiran mufassir disebut tafsir ….
    1. bi al-ma'tsur                            
    2. bi al-ro'yi
    3. bi al- riwayah
    4. bi al aqly
    5. bi al- mantuq
16.  Berikut ini yang menjelaskan perbedaan makna kata الطريق dan السبيل dalam al-Qur'an ….
a. الطريق artinya jalan lurus sedang السبيل jalan berliku
b. الطريق dimaksudkan jalan hakiki sedang  السبيل  jalan kesesatan
c. الطريق bermakna jalan terjal sedang السبيل jalan biasa
d. الطريق digunakan untuk jalan secara umum sedang السبيل  jalan kebaikan
e. b dan d benar
  1. Berikut adalah kata-kata  yang selalu disebut dalam bentuk tunggal dalam al-Qur'an
    1. النور – الأرض – الصراط
    2. السماءالجبل – النهر
    3. الجبل – النو- النجم                                                           
    4. النورالسماء – الأرض
    5. السبيل – الصراط – النور
  2. Suatu qiroah yang diriwayatkan dengan sanad yang shohih tetapi tidak sesuai dengan kaidah bahasa arab atau mushab usmani disebut qiroah …
    1. mutawatir
    2. masyhur
    3. ahad
    4. syad
    5. mudroj
  3. ليس عليكم جناح أن تبتغوا فضلا من ربكم في مواسم الحج kata yang bergaris bawah merupakan tafsir ibnu Abas yang dikira bagian dari ayat tersebut. Qiroah seperti ini disebut…
    1. mutawatir
    2. masyhur
    3. ahad
    4. syad
    5. mudroj
  4. Selain tujuh imam qiro'at yang terkenal, para ulama juga menyebutkan tiga ulama lain yang dijadikan rujukan dalam qiro'at al-Qur'an. Dengan tambahan tiga ulama ini maka dikenal adanya qiro'ah asyroh. Ketiga ulama tersebut adalah ….
    1. Nafi' al-Madani ; Ya'kub bin Ishaq al-Hadromy; Ibnu Asir
    2. Abu Ja'far Yazid bin Qo'qo' al Madany ; Ya'kub bin Ishaq al Hadromy ; Kholaf bin Hisyam.
    3. Abu Ja'far Yazid bin Qo'qo' al Madany  ; Abu Amr bin Ala' ; Kholaf bin Hisyam
    4. Abu Ja'far Yazid bin Qo'qo' al Madany  ; Abu Amr bin Ala' ; Ibnu Abi Harim
    5. Abu Ja'far Yazid bin Qo'qo' al Madany  ; Abu Amr bin Ala' ; Waqi' bin Jarrah
  5. Berikut ini merupakan beberapa langkah dalam tafsir maudu’i kecuali …
a.        menentukan tema
b.        mengumpulkan ayat-ayat yang berhubungan dengan judul
c.        menertibkan ayat sesuai dengan sabab an-nuzul
d.        mengetahui munasabah al-ayat
e.        menafsirkan ayat demi ayat
  1. Penafsiran dengan metode tahlili memiliki ciri sebagai berikut, kecuali ….
    1. mempunyai ruang lingkup yang luas
    2. memuat berbagai ide dan  gagasan
    3. penafsir menjelaskan ayat-ayat al-Qur'an berdasarkan urutan dalam mushaf
    4. kajian terhadap munasabat di dasarkan pada kronologis turunnya ayat
    5. pembahasan terhadap ayat-ayat dapat memuat berbagai segi
  2. Dalam tafsir tahlili seorang mufassir menafsirkan al qur’an sesuai dengan …
a.        tertib ayat dan surat
b.        tertib turunya ayat
c.        bab hukum
d.        bab aqidah
e.        tema tertentu
  1. Motifasi Abu Bakar al-Shidiq untuk menyusun teks al-Qur’an dalam satu mushab adalah …
a.        al-Qur’an mengalami perubahan
b.        banyaknya penghafal al-Qur’an yang menjadi syuhada’
c.        desakan para penulis al-Qur’an
d.        banyaknya ayat-ayat yang hilang
e.        ayat-ayatnya berkurang karena tulisan yang ada masih terpisah
  1. Dalam menafsirkan al-Qur’an para sahabat kadang juga menjadikan  ahli kitab sebagai rujukan , khususnya tentang masalah yang terkait dengan …
a.        Akidah
b.        Syari’ah
c.        Ibadah
d.        Kisah umat dahulu
e.        Hukum-hukum praktis
  1. Yang tidak termasuk imam qiro'ah sab'ah adalah ….
a.        Abu `Amru bin Al-Ala’
b.        Ibnu Jariri at Thabarani
c.        Ibnu Katsir                                                                             
d.        Hamzah al-Kufi
e.        Nafi` Al-Madani
  1. Salah satu kelebihan tafsir pada masa sahabat adalah…
    1. Sedikitnya ikhtilaf diantara mereka dalam memahami ma’na
    2. Menonjolkan mazhab
    3. Tidak singkat dalam menjelaskan ma’na bahasa
    4. Menafsirkan semua ayat al qur’an
    5. Sesuai dengan tema-tema tertentu
28.  Di antara kitab tafsir bi arri'yi yang dapat dipercaya adalah kitab Mafatihal-Ghaib karya Fakhr arRazi. Kitab tafsir ini memiliki ciri sebagai berikut, kecuali ….
a.       dalam menafsirkan tentang theologi menggunakan metode mutakallimin
b.      menolak pemikiran mu'tazilah
c.       memuat  jarh dan ta'dil
d.      mengemukakan bantahan-bantahan terhadap aliran sesat
e.       menyinggug juga ilmu-ilmu pengetahuan
29.  Di antara ciri kodifikasi tafsir pada awal gerakan kodifikasi adalah  ….
a.        bercorak tafsir birro'yi
b.        kodifikasi tafsir al-Qur'an merupakan bagian dari kodifikasi hadis
c.        para ulama penyusun kitab tafsir kebanyakan adalah ulama ushul
d.        tafsir bersih dari riwayat-riwayat yang tidak shahih
e.        banyak terdapat kisah israiliyyat dalam tafsir
  1. Diantara sumber penafsiran pada masa tabi’in adalah kecuali…
    1. Al-Quran
    2. As-Sunah
    3. aqwalu as-Shohabah
    4. ijtihad
    5. mimpi
  2. يسئلونك عن الأهلة قل هي مواقيت للناس والحج   Ayat ini merupakan contoh tanya jawab dalam al-Qur'an di mana jawabannya ….
a.      sepadan dengan pertanyaannya
b.      menyimpang dari pertanyaannya
c.       lebih umum dari pertanyaannya
d.     lebih sempit dari pertanyaannya
e.      lebih luas dari pertanyaannya
  1. Secara umum ayat yang terakhir turun adalah…
    1. al baqoroh 120
    2. al haj 17
    3. al anfal 3
    4. al maidah 3
    5. al alaq 1-5
  2. Umat Islam dianjurkan untuk menikmati makanan atau minuman yang lezat, bergizi dan berprotein tinggi, selama makanan tersebut tidak diharamkan oleh Allah dan RasulNya. Hal itu tertuang dalam ayat ….
    1. هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا
    2. وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً
    3. وَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا
    4. أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ مَتَاعًا لَكُمْ
    5. يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ
  3. إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ ...(البقرة :173)
Lafadz إنما pada ayat tersebut berfungsi  ……
a.        hashr (membatasi)
b.        bayan (menjelaskan)
c.        taukid (menguatkan)
d.        qosam ( sumpah)
e.        ziyadah ( tambahan
  1. فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَلَا إِثْمَ عَلَيْه ( البقرة : 173) Apa maksud dari kata yang bergaris bawah pada ayat tersebut..
a. tanpa hajat
b.tanpa darurat
c. darurat
d.      hati-hati
e. hasrat yang kuat
36.  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الَّذِينَ اتَّخَذُوا دِينَكُمْ هُزُوًا وَلَعِبًا مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ   وَالْكُفَّارَ أَوْلِيَاءَ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ ( المائدة : 57 )
                Diantara kandungan ayat tersebut diatas adalah …
    1. Syarat seorang pemimpin tidak harus mukmin
    2. Syarat pemimpin harus mukmin
    3. Syarat pemimpin harus mukmin, yahudi, nasrani
    4. Tidak ada syarat tertentu bagi pemimpin
    5. Syarat pemimpin harus kerja sama
37.  Memakan makanan yang diharamkan diperbolehkan dalam keadaan darurat sebagaimana dalam Surat al-baqarah :173. Dalam hal ini para ulama menyimpulkan kaidah fiqhiyah yaitu ....
a. الضرار يزال
b.لا ضرار و لا ضرار
c. ارتكاب أخف الضررين
d.      درأ المفاسد مقدم على جلب المصالح
e.       الضرورة تبيح المحظورات
  1. خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ
Berdasarkan ayat ini seorang da'I dituntut memiliki sifat ….
a.       lemah lembut, mengerjakan kebaikan, dan tidak bodoh
b.      pema'af, suka bergaul dan mencintai kebaikan
c.       member ma'af, mencintai kebaikan, dan memusuhi orang bodoh
d.      pemaaf, memerintahkan yang ma'ruf dan berpaling dari orang-orang bodoh
e.       meminta maaf, memberikan kebaikan dan menjauhi orang-orang bodoh
  1. . فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ
Pernyataan yang salah berdasarkan ayat ini ….
a.       al-Qur'an dan Assunnah merupakan rujukan umat Islam
b.      perbedaan dan perselisihan tidak boleh ada di kalangan umat Islam
c.       perbedaan pendapat harus dikembalikan pada sumber ajaran Islam
d.      al-Qur'an dan Assunnah merupakan sumber hukum Islam
e.       ayat ini juga mengisyaratkan penggunaan metode qiyas dalam melakukan istinbath hokum
40.  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاءَ  أَتُرِيدُونَ أن تجْعَلُوا لله عَلَيْكُمْ سُلْطَانًا مُبِينًا  (النساء:144)
Tafsir kata yang bergaris bawah adalah ….
    1. قوة كبيرة
    2. حُجة واضحة
    3. ملكا كبيرا
    4. ملكا مستبددا
    5. قدرة عظيمة
  1. Maksud dari Utul kitab dalam surat Al-Maidah ayat 57 diatas adalah….
    1. Orang musyrik
    2. Orang kafir
    3. Orang yahudi dan nasrani
    4. Orang murtad
    5. Orang majusi
  2. ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا
Maksud dari kalimat yang bergaris bawah yaitu…..
a.       Sebaik-baik cara
b.      Sebaik-baik penafsiran
c.       Sebaik-baik balasan
d.      Sebaik-baik media
e.       Sebaik-baik faidah
  1.             وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا نَحْنُ نَرْزُقُكَ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَى
                Tafsir perintah sholat dalam surat Toha : 132 diatas yaitu……..
    1. Perintah khusyuk
    2. Perintah Istikomah dalam melaksanakan dengan khusyuk dan ikhlas
    3. Perintah sabar dalam menjalankan
    4. Perintah tertib pada syarat-syaratnya
    5. Sesuai dengan imam
  1. . إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ ( المائدة :90)
Yang dimaksud الأنصاب  pada ayat tersebut adalah ….
a.       bentuk perjudian pada zaman jahiliyah
b.      batu tempat pengorbanan pada zaman jahiliyah
c.       jenis minuman keras pada zaman jahiliyah
d.      nama berhala pada zaman jahiliyah
e.       tempat suci yang dikeramatkan pada masa jahiliyah
  1. وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى yang tidak termasyuk dalam pengertian kalimat ini menurut ulama adalah ….
a.        tetangga dekat                                                                         
b.        tetangga yang juga kerabat                                       
c.        tetangga seagama
d.        tetangganya kerabat
e.        tetangga yang masih satu suku
  1. فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ       وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ
Berikut adalah perintah yang terdapat pada ayat tersebut kecuali…
    1. bersikap lemah lembut kepada orang lain
    2. memaafkan orang yang bersalah
    3. memohon rahmat Allah
    4. memohonkan ampunan orang yang bersalah
    5. melakukan musyawarah
  1. Perhatikan kutipan ayat dibawah ini
1.      قل هو الله أحد
2.      فَأَوْجَسَ فى نفسِهِ خِيْفَةَ موسى
3.      اعْدِلُوا هُوَ أٌربُ للتقوى
4.      وَعصَى مُوْسَى ربَّه
Dari ayat-ayat tersebut di atas, ayat yang marja’ dhamirnya di depan adalah no…
a.       1
b.      1 dan 3
c.       2 dan 4
d.      4
e.       3
  1. Surat Ad dukhan ayat 3
!$¯RÎ) çm»oYø9tRr& Îû 7's#øs9 >px.t»t6B 4 $¯RÎ) $¨Zä. z`ƒÍÉZãB  
Ditafsirkan oleh surat al qodar ayat 1
!$¯RÎ) çm»oYø9tRr& Îû Ï's#øs9 Íôs)ø9$#
Penafsiran tersebut diatas merupakan contoh penggunaan metode…
a.          maudu’i
b.        Muqaran
c.        Tahlili
d.        Ijmali
e.        Istiqaq
  1. contoh dari qira’ah shahihah ( mutawatir ) adalah…
    1. متكئين على رفارف حضر وعبقري حسان
    2. ليس عليكم جناح أن تبتغوا فضلا من ربكم فى موسم الحج
    3. لقد جاءكم رسول من أنفَسكم
    4. فاعتزلوا النساء في المحيض
    5. مَلَكَ يَوْمَ الدِين
  2. Kandungan ayat yang memerintahkan da’wah hendak nya dimulai dari diri sendiri adalah..
    1. فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ
    2. وَإِنْ عَاقَبْتُمْ فَعَاقِبُوا بِمِثْلِ مَا عُوقِبْتُمْ بِهِ
    3. أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنْسَوْنَ أَنْفُسَكُمْ وَأَنْتُمْ تَتْلُونَ الْكِتَابَ أَفَلا تَعْقِلُونَ
    4. وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ
    5. وَلْيَخْشَ الذين لَوْ تَرَكُواْ مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرّيَّةً ضعافا خَافُواْ عَلَيْهِمْ













11 komentar:

  1. akhi,, tolong dilengkapi dengan jawabannya seklian

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Jawaban nya sdh ada pada pemaparan beliau pd halaman selanjutnya tinggal dibaca

      Hapus
  3. mana jawabannya? terimakasih

    BalasHapus
  4. Casino Queen (Washington, MD) - Mapyro
    Information, hours, contact number and address of Casino Queen located in Washington, MD. Rating: 3.4 거제 출장샵 · ‎13 votes · ‎Price range: 군산 출장마사지 $ 논산 출장안마 (Based on Average Nightly Rates 과천 출장마사지 for 군산 출장샵 a Standard Room from our Partners)

    BalasHapus